PKMK Keong mas

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

”KENGMAS SNACK” SNACK BERBAHAN BAKU KEONG MAS

BIDANG KEGIATAN

PKMK

 

 

 

Diusulkan oleh:

Charlos Lalack                   (30408226) / 2008

Nadya Jeans                       (30408928) / 2008

Sila Santy                           (30408794) / 2008

Diponegoro Norisman M  (31409823) / 2009

 

 

 

UNIVERSITAS GUNADARMA

BEKASI

2010

HALAMAN PENGESAHAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

 

1.   Judul Kegiatan        :  Peluang Usaha ”Keong Mas”

2.   Bidang Ilmu            : (   )  PKMP               (√ ) PKMK

(   )  PKMT               (   ) PKMM

  1. Bidang Ilmu            : (   )  Kesehatan                      (   ) Pertanian

(   )  MIPA                            (   ) Teknologi dan  Rekayasa

(√ )  Sosial Ekonomi              (   ) Humaniora

(   )  Pendidikan

4.   Ketua Pelaksana Kegiatan/Penulis Utama

a.   Nama Lengkap                                     : Nadya Jeans

  1. NIM                                                    : 30408928
  2. Jurusan                                                 : Teknik Industri
  3. Universitas/Institut/Politeknik                 : Universitas Gunadarma
  4. Alamat Rumah dan No Tel./HP             :  Jalan Sadar no 33

Cipinang Muara

08569892464

  1. Alamat email                                         : aydan_iya@yahoo.co.id

5.   Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis           : 4 orang

  1. Dosen Pendamping

a.   Nama Lengkap dan Gelar                     : Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, M.Sc.

b.   NIP                                                      :

c.   Alamat Rumah dan No Tel./HP             :

  1. Biaya Kegiatan Total

a.   Dikti                                                     :

b.   Sumber lain                                          :  Rp. 10.000.000,-

8.   Jangka Waktu Pelaksanaan                         :

 

Bekasi, 29  Oktober 2010

Menyetujui

Ketua Jurusan/Program Studi                               Ketua Pelaksana Kegiatan

 

 

 

(Dr. Ir. Rakhma Oktavina, MT.)                         (Nadya Jeans)

NIP. 000907                                                      NIM. 30408928

 

 

Pembantu Rektor Bidang                                    Dosen Pendamping

Kemahasiswaan

 

 

 

 

(Irwan Bastian, S.Kom,MMSi)                          (Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, M.Sc.)

NIP. 930390                                                     NIP. 910177

A.        JUDUL

Peluang Usaha ”KengMas Snack” Snack Berbahan Baku Keong Mas

 

B.        LATAR BELAKANG MASALAH

Pertambahan penduduk yang cukup pesat membuat banyaknya bahan pangan yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Karenanya, peluang usaha makanan di Indonesia sangat berkembang pesat. Meningkatnya kebutuhan tersebut tidak sebanding dengan banyaknya bahan pangan yang tersedia, sehingga memicu manusia untuk mencari bahan pangan lainnya yang baru untuk memenuhi kebutuhannya. Seiring dengan permasalahan tersebut, mulailah bermunculan makanan-makanan dari bahan-bahan yang banyak tersedia namun kurang dimanfaat.

Salah satu bahan yang mulai berkembang kebutuhannya untuk dikonsumsi adalah keong mas. Keong mas adalah salah satu hewan yang mudah untuk berkembang biak. Keong mas juga mudah dipelihara dan banyak tersedia di alam. Keong mas ini kerap dianggap sebagai hama sehingga banyak diburu. Walaupun banyak terdapat di alam namun keong mas ini belum banyak dimanfaatkan. Padahal makanan berbahan dasar keong mas cukup mudah dibuat dan dapat dijadikan banyak variasi masakan.

Keong mas ini ternyata jika dijadikan bahan makanan mempunyai manfaat. Manfaatnya antara lain adalah meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan libido. Hal inidisebabkan karena keong mas banyak mengandung omega 3, 6 dan 9, kalsium serta protein 16 sampai 50%. Berkembangnya bahan dasar keong mas sebagai bahan makanan membuat peluang usaha keong mas ini lebih baik.

 

C.        PERUMUSAN MASALAH

Keong mas menjadi salah satu hewan yang banyak ditemui namun belum dimanfaatkan dengan baik. Permasalahan yang ingin dipecahkan adalah:

  1. Siapa pasar sasaran dan bagaimana minat konsumen terhadap makanan yang terbuat dari keong mas ini?
  2. Apa saja makanan yang dapat diolah dari keong mas?
  3. Bagaimana cara membuat makanan dari keong mas ini?
  4. Bagaimana cara memasarkan makanan yang berbahan dasar keong mas ini?
  5. Bagaimana cara menganalisa keuntungan dari penjualan makanan yang berbahan dasar keong mas in?

 

D.        TUJUAN PROGRAM

Program ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama dari program ini adalah memanfaatkan sumber daya yang banyak tersedia namun jarang dimanfaatkan dan tujuan kedua adalah mengetahui peluang penjualan makanan yang berbahan dasar keong mas beserta analisa keuntungannya.

 

E.         LUARAN YANG DIHARAPKAN

Luaran yang diharapkan dari program ini adalah:

  1. Snack berbahan dasar keong mas.
  2. Perhitungan besarnya modal usaha.
  3. Perhitungan untung rugi usaha.

 

F.         KEGUNAAN PROGRAM

Kegunaan dari program ini adalah menciptakan suatu jenis makanan baru yang  kreatif dan inovatif yang nantinya bisa dijadikan sebagi peluang usaha.  Sehingga dengan adanya program ini dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan tingkat pemanfaatan sumber daya alam, yaitu ”keong mas”.

 

G.        GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Dibeberapa daerah di Indonesia seperti Pontianak dan Puwekerto bahkan Hongkong dan negara Eropa sudah ada pemanfaatan makanan berbahan dasar keong. Dengan melihat peluang usaha tersebut cukup diminati dan melihat banyaknya keong mas didaerah sekitar rumah menimbulkan ide untuk membuat makanan dari keong mas ini. Kesulitan yang dihadapi dalam usaha keong mas ini adalah menumbuhkan minat masyarakat di daerah Bekasi akan makanan jenis baru ini, dan kreativitas untuk mengolah keong mas ini menjadi makanan sehingga memperbesar minat konsumen untuk mengkonsumsinya.

Pembuatan makanan berbahan dasar keong mas relatif singkat sehingga dapat dihasilkan dalam jumlah banyak. Modal usaha yang diperlukan tergantung dari harga bahan-bahan yang akan digunakan dalam membuat makanan berbahan dasar keong mas. Lokasi pemasaran produk yang ditargetkan yaitu di daerah Bekasi dan sekitarnya, karena pada wilayah tersebut belum ditemukan usaha seperti ini. Situasi dan kondisi di wilayah tersebut sangat mendukung untuk diadakannya usaha seperti ini, karena banyaknya penduduk dan tingkat konsumtif masyarakat Bekasi yang tinggi. Melihat potensi profit yang besar di wilayah tersebut, maka keinginan untuk membuat usaha di wilayah tersebut semakin besar.

 

H.        METODE PELAKSANAAN

Program pelaksanaan akan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahapan-tahapan pelaksanaan yang akan dilaksanakan dapat dilihat pada Gambar 1.

 

Gambar 1. Diagram Alir Pelaksanaan Program

Langkah pertama yang dilakukan dalam pelaksanaan program adalah merencanakan jenis makanan. Dalam perencanaan ini akan dibahas mengenai jenis masakan apa saja yang akan diproduksi, misalnya goreng, goreng tepung, goreng berbumbu, dan sebagainya. Pada tahap ini akan ditentukan juga jenis masakan apa yang akan menjadi produk utama usaha ini.

Setelah didapat rancangan makanan jenis apa saja yang akan diproduksi, maka dilakukan survei pasar terhadap 100 orang dengan cara kuesioner. Survei pasar ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat kota Bekasi terhadap produk yang akan dibuat dan memperkenalkan makanan baru pada masyarakat kota Bekasi. Survei pasar ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat daya beli masyarakat kota Bekasi, sehingga harga produk dapat disesuaikan.

Berdasarkan hasil dari survei pasar, dilakukanlah perencanaan proses produksi. Perencanaan proses produksi meliputi memilih dan mengetahui harga alat dan bahan untuk memasak, seperti penggorengan, kompor, gas LPG, minyak goreng, tepung terigu, bumbu masakan, dan lainnya. Membuat contoh produk untuk mengetahui lamanya proses produksi dan kualitas produk (rasa). Mengetahui harga pembungkus yang akan dipakai sebagai bahan pembungkus produk, yaitu plastik HD tahan panas.

Setelah dilakukan perencanaan proses produksi kemudian dilakukan perencanaan pemasaran produk. Tempat-tempat yang menjadi target market produk makanan ini adalah tempat-tempat makan dan warung-warung di daerah bekasi. Khususnya tempat-tempat makan disekitar wilayah kampus gunadarma kalimalang yang kemudian diperluas ke wilayah Bekasi lainnya.

Kemudian melakukan perhitungan modal usaha dengan menghitung data harga-harga alat dan bahan yang telah dperoleh pada tahap perencanaan proses produksi. Perhitungan modal usaha ini bertujuan untuk menentukan banyaknya alat dan bahan yang akan dibeli. Proses perhitungan modal usaha ini kemudian disatukan dengan rencana harga jual produk.

Jika sudah melakukan menentukan harga jual dan membuat makanan berbahan dasar keong mas ini maka dapat dilakukan pemasaran produknya. Pemasaran produk yaitu dengan menjualnya ke tempat-tempat makan dan warung-warung di daerah bekasi. Khususnya tempat-tempat makan disekitar wilayah kampus gunadarma kalimalang yang kemudian diperluas ke wilayah Bekasi lainnya.

Perhitungan untung dan rugi ini bertujuan untuk mengetahui kapan titik balik keuntungan yang akan dihadapi dalam usaha ini. Hal ini dilakukan setelah pemasaran dari produk dilakukan. Lalu mulai dari merancang hingga mendapatkan analisa untung ruginya akan dilaporkan dalam bentuk laporan akhir.

 

I.          Jadwal Kegiatan Program

Jadwal kegiatan program dari penelitian yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:

Tabel 1. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan Waktu
Bulan ke-1 Bulan ke-2 Bulan ke-3
Minggu I Minggu II Minggu III Minggu IV Minggu V Minggu VI Minggu VII Minggu VIII Minggu IX Minggu X Minggu XI Minggu XII
Merancang jenis makanan                        
Membuat kuesioner                        
Melakukan penyebaran kuesioner                        
Melakukan pengolahan data kuesioner                        
Menentukan makanan sesuai hasil kuesioner                        
Penentuan lokasi penjualan                        
Mendesain proses produksi                        
Merencanakan pemasaran produk                        
Melakukan perhitungan besarnya modal usaha                        
Melakukan pemasaran produk                        
Membuat laporan akhir kegiatan                        

 

J.   RANCANGAN BIAYA

Biaya yang diperlukan untuk melakukan kegiatan ini dapat dirinci sebagai berikut:

1. Bahan Habis Pakai

Keterangan Harga
Bibit keong mas 100 biji @ Rp. 500,- Rp.    50.000,-
Makanan keong mas 1 karung @ Rp.180.000,- Rp.  180.000,-
Plastik pengemas Rp.  150.000,-
Minyak goreng 5 kg @ Rp. 12.000,- Rp.    60.000,-
Tepung terigu Rp.   75.000.,-
Mentega Rp.  125.000,-
Bumbu masak Rp.  100.000,-
Air masak 2 galong @Rp. 10.000,- Rp.    20.000,-
Listrik Rp.  600.000,-
Fotocopy kuesioner 1000 lembar @ Rp. 200,- Rp.  200.000,-
Perbanyak dan jilid 9 eks @ Rp. 50.000,- Rp.  450.000,-
Total Rp.2.010.000,-

 

2. Peralatan

Keterangan Harga
Aquarium 100x50x50 cm 4 buah @ Rp. 400.000,- Rp.1.600.000,-
Mesin seal 2 buah @ Rp. 180.000,- Rp.   360.000,-
Sikat 4 buah @ Rp. 6.000,- Rp.     24.000,-
Spon pembersih 8 buah @ Rp. 5.000,- Rp.     40.000,-
Synthetic cloth 4 buah @ Rp. 13.000,- Rp.    52.000.,-
Selang 5/8” 12 meter @ Rp. 7.500,- Rp.     90.000,-
Mesin filter 4 buah @ Rp. 200.000,- Rp.   800.000,-
Aksesoris kolam Rp.   500.000,-
Kompor gas 2 tungku Rp.   250.000,-
Selang gas dan regurator 1 buah @ Rp. 150.000,- Rp.   150.000,-
Gas LPG 12 kg 2 tabung @ Rp. 450.000,- Rp.   900.000,-
Baskom 4 buah @ Rp. 10.000,- Rp.     40.000,-
Total Rp.4.806.000,-

 

3. Perjalanan selama 12 minggu @ 3 hari per minggu

Keterangan Harga
Transportasi 4 orang pulang pergi @ Rp. 10.000,- Rp.1.440.000,-
Konsumsi 4 orang @ Rp. 10.000,- Rp.1.440.000,-
Total Rp.2.880.000,-

 

4. Lain-lain

Keterangan Harga
P3K Rp.   40.000,-
Dokumentasi Rp. 180.000,-
Total Rp.   220.000,-
Total Keseluruhan Rp.9.916.000,-

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

L. LAMPIRAN

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

I.       DATA PRIBADI

Nama                        : Nadya Jeans

Tempat/tanggal lahir   : Jakarta, 14 Mei 1991

Alamat                      : Jl. Sadar No.33 RT 14 RW 02 Cipinang Muara

No. Telpon/HP           : 08569892464

Status                        : Belum menikah

Jenis Kelamin             : Perempuan

Agama                      : Islam

Kewarganegaraan      : Indonesia

 

II.    PENDIDIKAN FORMAL

SD 03 PT. Cipinang Muara           Jakarta                         1997 – 2003

SMPN 252                                   Jakarta                         2003 – 2006

SMAN 54                                    Jakarta                         2006 – 2008

Universitas Gunadarma                 Jakarta                         2008 – sekarang

 

III.    KETERAMPILAN

Terampil mengoperasikan komputer, terutama terbiasa menggunakan Microsoft Office, Microsoft Statistical (SPSS, MINITAB), Microsoft Visio, dan AutoCAD.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

  1. I. DATA PRIBADI

Nama                        : Charlos Lalack

Tempat/tanggal lahir   : Jakarta, 6 Juni 1990

Alamat                      : Jatibening Permai

Jl. Mawar No. 55

Bekasi 17412

No. Telpon/HP           : 081310828476

Status                        : Belum menikah

Jenis Kelamin             : Laki-laki

Agama                      : Katholik

Kewarganegaraan      : Indonesia

 

  1. II. PENDIDIKAN FORMAL

SD St. Bellarminus                       Bekasi              1996 – 2002

SMP St. Bellarminus                    Bekasi              2002 – 2005

SMA St. Bellarminus                    Bekasi              2005 – 2008

Universitas Gunadarma                 Bekasi              2008 – sekarang

 

III.   KETERAMPILAN

Terampil mengoperasikan komputer, terbiasa menggunakan Microsoft Office, Microsoft Statistical (SPSS dan MINITAB), WinQSB, Microsoft Visio, dan AutoCAD.

 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

  1. I. DATA PRIBADI

Nama                        : Sila Santy

Tempat/tanggal lahir   : Bekasi, 1 Oktober 1989

Alamat                      : Taman Wisma Asri

Blok R No. 40

Bekasi Utara 17121

No. Telpon/HP           : 085692535442

Status                        : Belum menikah

Jenis Kelamin             : Perempuan

Agama                      : Buddha

Kewarganegaraan      : Indonesia

 

  1. II. PENDIDIKAN FORMAL

SD Ananda                                 Bekasi              1996 – 2002

SMP Ananda                               Bekasi              2002 – 2005

SMA Ananda                               Bekasi              2005 – 2008

Universitas Gunadarma                 Bekasi              2008 – sekarang

 

III.   KETERAMPILAN

Terampil mengoperasikan komputer, terbiasa menggunakan Microsoft Office, Microsoft Statistical (SPSS dan MINITAB), Microsoft Visio, WinQSB, dan AutoCAD.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

  1. III. DATA PRIBADI

Nama                        : Diponegoro Norisman M

Tempat/tanggal lahir   : Jakarta, 29 Juli 1991

Alamat                      : Jl. Jaya Kusuma No.5

RT.001/01, Kel. Makasar

Jakarta Timur 13570

No. Telpon/HP           : 021-94181953

Status                        : Belum menikah

Jenis Kelamin             : Laki-laki

Agama                      : Islam

Kewarganegaraan      : Indonesia

 

  1. IV. PENDIDIKAN FORMAL

SD Negeri 07                              Jakarta             1998 – 2003

SMP Negeri 150                          Jakarta             2003 – 2006

SMA Angkasa 1                          Jakarta             2006 – 2009

Universitas Gunadarma                 Bekasi              2008 – sekarang

 

III.   KETERAMPILAN

Terampil mengoperasikan komputer, terbiasa menggunakan Microsoft Office, Microsoft Statistical (SPSS dan MINITAB).

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s